Jumat, 20 Januari 2012

SAMARINDAKU


Samarinda adalah ibukota dari Kalimantan Timur. Samarinda terkenal dengan nama “SAMARINDA KOTA TEPIAN” . Pada zaman dulu, samarinda terkenal akan pesut putihnya. Samarinda dikenal dengan makanan khasnya yaitu "AMPLANG". Amplang terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung, di samarinda terdapat banyak toko-toko amplang agar para wisatawan dapat membeli amplang sebagai cindera mata dari samarinda. Selain amplang, samarinda juga mempunyai makanan khas seperti soto banjar, laksa dan lempok durian.
Samarinda juga mempunyai tempat wisata seperti islamic center, stadion palaran, air terjun dan kebun binatang. Stadion palaran sendiri yg merupakan objek wisata olahraga ini merupakan stadion terbesar di kalimantan timur, stadion palaran juga sering digunakan sebagai tempat pelaksanaan event-event besar di samarinda. Selain stadion palaran, samarinda juga mempunyai stadion sempaja yg pernah digunakan sebagai tempat PON XXVII tahun 2008. Di event ini burung enggang yg merupakan burung yg terkenal di kalimantan timur ini dijadikan sebagai maskotnya.
Samarinda juga mempunyai masjid yg terbesar di ASIA TENGGARA yg dinamakan "islamic center", para wisatawan sering berkunjung ke masjid itu hanya untuk melihat keindahan islamic center. Pada hari-hari besar seperti idul fitri dan idul adha, islamic center sering dijadikan pilihan tempat untuk melaksanakan solat idul fitri dan solat iid. Di masjid ini memilik lift yg digunakan untuk menuju lantai paling atas. Di lantai ini kita dapat melihat seluruh bangunan islamic center.
Parawisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata air terjun dan kebun binatang yg terletak di daerah tanah merah. Dikebun binatang ini kalian dapat melihat binatang-binatang langka, terutama binatang orang utan yg sekarang hampir punah karena banyak orang yg membunuhnya karena hewan ini dianggap sebagai hama kebun kelapa sawit. Maka dihimbau kepada seluruh warga di samarinda agar tidak memburu binatang ini agar tidak punah. Selain binatang-binatang langka disini juga terdapat berbagai hiburan untuk anak-anak dan orang dewasa.
Selain kebun binatang  para wisatawan yg ingin mengetahui  sejarah budaya suku dayak dapat mengunjungi objek wisata yg dinamakan “PAMPANG”. Disini kita dapat melihat berbagai ciri khas dari suku dayak yaitu seorang wanita yg bertelinga panjang karena memakai anting-anting yg setiap tahunnya di tambah 1 kg dan rumah-rumah “Lamin” khas kalimantan timur. Di tempat ini kita juga dapat membeli berbagai cindera mata seperti gelang dan kalung yg terbuat dari taring babi hutan.
Nadia Regina Cahyani
SMPN 2 SAMARINDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar